3 Comments

BABAD AMARASANGGA

1_804184198l1

Konon nama pangkalan Pramuka SMP Negeri 1 Singosari adalah “ARSINGSATU” yang merupakan singkatan dari Arek Singosari Negeri Satu, darimana asalnya? masih belum jelas siapa pencipta nya dari beberapa sumber mengatakan itu adalah buah pemikiran dari kakak- kakak angkatan 2001. Nama tersebut digunakan pertama kali pada tahun 2001, alas an digunakannya nama tersebut karena keinginan agar pangkalan kita mudah dikenal oleh pangkalan lain, terutama oleh anggota pramuka baik regional singosari ataupun malang raya. Menginjak tahun 2002 nama itu beralih menjadi “ARSINESA” yaitu Arek Singosari negeri Satu, perdana kali diperdengarkan di khalayak penggalang  pada saat kegiatan Safari Camp Kwarran Singosari di lapangan Wonojati Kecamatan Singosari, dan seterusnya nama itu dipakai  pada setiap kegiatan pramuka yang diikuti oleh Regu PADI-SEMUT AKA DIMUT. ARSINESA…ARSINESA…PADI SEMUT ARSINESA… adalah sepenggal lagu yang menunjukkan kebesaran Pramuka DIMUT ARSINESA. Berkat prestasi dan ketenarannya  baik oleh pangkalan SMP lain ataupun di telinga siswa SMPN 1 SINGOSARI sendiri , maka nama tersebut diadopsi oleh sebagai embel- embel nama ekstrakurikuler lain seperti jurnalistik dan OSIS, bahkan seluruh siswa SMP Negeri 1 Singosari juga menyebut dirinya “ARSINESA”.

Seiring  berjalannya waktu, mulai bermunculan nama- namasebagai sebutan untuk pangkalnnya mulai dari ARSIGAS, ARSINERO, ARSINEGA. Itu menunjukkan bahwa kita adalah suri tauladan bagi pangakalan lain. Dan itulah salah satu alasan mengapa pangkalan DEWANTARA DAN RA. KARTINI ini ingin merubah namanya. Maka kami berpikir untuk merombak nama tersebut menjadi suatu nama yang tidak mudah ditiru oleh pangakalan lain.

Dan ketika alumni DIMUT A.K.A Wiradhika mengadakan rapat kecil di rumah Bunda kami (Bu.Rini) terbelesit di pikiran salah satu alumni untuk mengganti nama “ARSINESA”. Pun akhirnya kami berniat untuk mengganti nama tersebut dengan suatu nama yang baik terutama memilki makna yang baik pula. Berbagai referensi telah kami buka dan kami gali beberapa info termasuk buku milik Bunda Rini yang berjudul “BAUSASTRA INDONESIA-JAWA” karangan S.Prawiroatmojo terbitan tahun 1957. Buku yang menurut beliau dibeli pada tahun 1986 tersebut berisikan kumpulan kata-kata (Kamus) dari bahasa jawi kuno,kawi,sansekerta,Arab dll. Pencarian pun dimulai, detik demi detik , menit demi menit mereka lewati, dan pencarian kami terhenti pada satu kata, yaitu “AMARASANGGA” berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti “rombongan para dewa”. berbagai alasan dikemukakan dan diskusi kecil pun mengiringi dan  akhirnya  diputuskan untuk memakai nama tersebut sebagai nama pangakalan SMP Negeri 1 Singosari.

Nama AMARASANGGA  yang merupakan akronim dari “Armada Raya Satu Negeri Singosari” diharapkan bhwa setiap anggota pramuka penggalang yang bernaung di Gugus Depan 26131-26132 ini mampu  mencerminkan segala sikap dan sifat mulia yang terkandung dalam Dasadharma dan TRISATYA.

Dengan nama  ini semoga membawa semangat baru bagi kejayaan SMP Negeri 1 Singosari pada umumnya dan Pramuka Padi Semut (DIMUT) pada khususnya, Amiiiii……n

by Admin.

3 comments on “BABAD AMARASANGGA

  1. .go marasangga go!!!
    .go marasangga go!!!
    .go marasangga go yezh go!!!
    .dimut, hua!!
    .dimut, hua!!
    .dimut dimut, hua jozh!!!

  2. biar gak ada yang niru2 lagi iku wes…. hahaha
    AMARASANGGA TETEP JAYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: