4 Comments

Perjalanan Yang Melelahkan dan Tak Terlupakan

dscn3231Ini edisi perdana saya menulis di Blog Dimut Amarasangga tercinta. Saya salah seorang dari angkatan DKG sekarang dari regu Padi. Basa basinya segitu aja ya…
Pada tanggal 1 Maret 2009. Para Alumni mengadakan kegiatan Tanda Ikut Serta Kegitan atau bisa disingkat (TISKA). Acaranya wajib diikuti oleh Dewan Kerja Galang atau oleh anggota Dimut lainnya. Dimulai dari jam 8 Pagi kita semua berkumpul di depan gerbang sekolah. Seperti tersebut diatas kita berangkat dari sekolah tercinta ke tempat-tempat yang udah disiapkan oleh alumni. Sebelum berangkat kita semua diberi tes skill satu-persatu. Kebetulan penulis kebagian tes skill tekspram. Ada beberapa materi yang dijadikan tes—FYI Regu Padi dan Semut saling bersaing—yakni Morse, Semaphore dan Tekspram testa. Setelah pengumuman masing-masing nilai antara kedua regu, Alumni memutuskan untuk mengunakan tes Semaphore sebagai jalan menentukan Regu mana yang akan berangkat terlebih dahulu ke Pos Pertama. Allhamdullillah, Regu Padi dapat menjawab soal dengan benar dan pergi lebih dulu. Sebelumnya juga para Alumni memberikan semacam salam yang harus kami lakukan setiap berpapasan dengan mereka dimana saja mereka berada. Kami melewati jalan raya sambil menggumandangkan yel-yel dengan ceria dan penuh semangat.

Di Alfamart perjalanan kami terhenti karena ternyata ada alumni disana. Memberikan salam yang sudah diajarkan dan dapat menjawab tantangan pertama yang berhubungan dengan matematika. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan, our first destination, is Singosari Police Office , rite? Nice. Di daerah Garuda kami bertemu dengan alumni lagi. Kami diberi tugas untuk, menghitung jumlah pengendara yang memakai model helm sama yang menuju arah Surabaya. Untuk mengetes KIM—Kemampuan Indera Manusia–katanya. Tiara, Neneng, Ani dan beberapa anak lain antusias menghitung. Akhirnya selesai juga tugasnya walaupun sempat ada perdebatan antara Kak Bryan dan DKG gara-gara perbedaan hitungan. Tak berselang berapa lama Regu Semut datang. Lalu, kita semua berjalan bersama menuju polsek Singosari.

Setelah sampai ternyata ada salah seorang petugas yang ternyata adalah orang yang harus dimintain ijin kalau mau masuk Polsek. Selesai mengurus itu semua kita pun masuk ke Sanggar Saka Bhayangkara yang ada di Belakang Polsek setelah melewati jalan yang cukup mengasyikkan. Banyak pengetahuan baru mengenai Pramuka dan lambang-lambangnya yang kami peroleh dari sana.Disini, di sanggar Saka tidak begitu banyak yang bisa diceritakan ulang karena rata-rata telah berkesan di kepala masing-masing anak Amarasangga. Setelah puas mengobrol dan tanya jawab kira-kira jam sepuluh kita kembali melanjutkan perjalanan.

Ah, selanjutnya kami menuju Koramil. Tak disangka ternyata kehadiran kami telah dinanti dan ditunggu disana. Walhasil kami jadi tidak begitu enak dengan DANRAMILnya yang sangat ramah dan terbuka. Kami dipersilahkan masuk dan duduk di tempat yang telah disediakan. Ada konsumsi juga ternyata, kami pun melepas dahaga dan menganjal perut dengan camilan yang ada disana. Disini kami diberi pembelajaran dengan santai tapi serius mengenai kemiliteran dan susunannya. Sangat berguna dan berkesan bagi kami. Tak begitu lama kami disini, kami pamit dan melanjutkan perjalanan lagi karena hari sudah mulai siang.

Sampai di Pusat Kerajinan Kendedes, kami semua istirahat sejenak untuk memakan bekal dan meminun bawaan. Setelah itu kita semua menuju Musholla kecil yang ada di belakang untuk memenuhi kewajiban sebagai umat Islam alias Sholat. Tak seberapa lama sebelum kami dikumpulkan kembali oleh Para Alumni di tengah-tengah Pendopo di Pusat Kerajinan Kendedes.

Survival. Di Pasar. Itulah gagasan dari para Alumni tentang apa yang akan kita lakukan untuk melengkapi perjalanan hari ini. Kami, dibagi menjadi enam kelompok beranggotakan 3-4 orang. Kebetulan saya kebagian satu kelompok dengan Retno Puspita Sari, Arudita Nuarianti Tri Utami dan Andre Dwi Nugroho. Pemilihan anggota kelompok acak dan tidak dapat ditentukan. Sebelumnya kita harus menitipkan seluruh uang yang kita punya dan HP pada Alumni. Kami berempat juga diberi lima potong roti. Tugasnya:

-Membeli permen Alpenliebe masing-masing anak satu.
-Membeli ketan hitam
-Membeli bahan pelengkap untuk dimakan dengan ketan hitam minimal 2 buah.

Kami diberi waktu sekitar satu jam untuk melakukan semua tugas itu. Berangkat diundi dan banyak sekali kejadian menarik selama kami survival di Pasar itu. Kami jadi mengerti betapa susahnya mencari uang, bermodalkan roti itu. Tapi syukur alhamdullilah, semua kelompok bisa menyelesaikan tugasnya walaupun banyak juga halangan yang merintang. Setelah selesai kami semua kembali ke sekolah. Cukup melelahkan juga perjalanan keseluruhan hari itu. Tapi kami juga mendapat banyak sekali pengetahuan berharga dari semuanya. Kami juga menyadari karena perjalanan itu masing-masing anggota regu bisa lebih kompak untuk kedepannya.

Tiba di sekolah sekitar pukul 3 sore, lalu penyematan Tanda Harian secara sederhana. Tidak terlalu WAH memang. Tapi membekas di hati semua anggota yang ada disana. Baik para alumni maupun DKG. Terima Kasih alumni semua, kita diberi kesempatan untuk mengalami pengalaman yang mungkin tak akan kami lupakan sampai seumur hidup kami.

4 comments on “Perjalanan Yang Melelahkan dan Tak Terlupakan

  1. hi, sesama anak pramuka nich

    q taw site ni dari kopastama.co.cc

    visit balik site q ya

    http://www.24bit.tk

  2. hi, kunjungan balik in

    kopastama.co.cc

  3. Salam Pramuka….mohon ijin kakak – kakak sekalian,blog anda kami share link dengan blog kami agar komunikasi kita semua bisa lancar..salam buat semuanya.Dimut,La Negsatu,Artura ,Smetarigala adalah saudara.

  4. lam pramuka ‘n lam kenal. Memang bukan kemewahan yg membuat sesuatu terasa berharga atao gak, justru dari perjuangan dan usaha yg sungguh2 yg buat smua jadi bernilai.
    visit balik ke>>> http://alamendah.wordpress.com/2009/05/20/bumi-perkemahan-singkong/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: