5 Comments

Kesederhanaan yang Bermakna

SP_A0623Matahari belum terlalu terik ketika kurang lebih 40 anak usia belasan berkumpul di sebuah sekolah menengah pertama ternama di Kecamatan Singosari. Pagi itu mereka dengan semangat menjalankan rencana yang telah disusun sebelumnya untuk melaksanakan tugas mulia, yaitu mencuci tenda (gedubrak!). Ya, sudah menjadi aturan tidak tertulis apabila selesai berkemah, mencuci tenda tidak pernah terabaikan. Kegiatan ini dapat dikategorikan sebagai acara refreshing murah meriah dan merakyat.

Pukul 09.00 tepat, dengan sambutan beberapa kata oleh Alumni (Mas Arif, Mas Rizal, dan Mbak Litha sebagai perwakilan pembina) mereka diberangkatkan dengan hikmat di gerbang SMP Negeri 1 Singosari. Sambil berjalan beriringan mereka berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km menuju tempat pencucian tenda, yaitu pemandian Kendedes (konon katanya tempat tersebut merupakan tempat mandi Kendeds dan putri-putri Kerajaan Singosari di masa lampau, sehingga membuat mereka semakin bersemangat mencuci tenda dengan harapan setelah nyemplung di situ, kulit mereka dapat lebih cerah, maklum namanya anak Pramuka pasti kulitnya agak gelap terpapar sinar matahari :)).

Setelah sampai di tempat tujuan, dengan sigap mereka mulai berganti kostum, siap berbasah-basahan mencuci tenda. Dengan semangat membara dan pantang menyerah mereka mulai mengucek dan menyikat bagian-bagian tenda yang kotor. Total 6 buah tenda, puluhan tali, bendera-bendera, dan 2 buah sleeping bed berhasil dicuci oleh mereka (sungguh berlebihan!). Tentunya dengan tidak meninggalkan tradisi mereka selama mencuci, yaitu bercanda tawa riang gembira, sehingga panas matahari yang menyengat tak jadi kendala, membuat acara hari Minggu siang itu kian semarak.

Setelah melaksanakan amanat dan tanggung jawab secara baik, mereka pun berbondong-bondong menuju sebuah mushollah untuk menjemur segala tetek bengek yang telah selsesai dicuci. Kemudian dengan menggebu-gebu mereka menagih janji kepada alumni untuk melaksanakan rencana selanjutnya, yaitu rujakan! (uenak tenan!) Secara otomatis mereka membagi diri menjadi beberapa grup, dengan tertibnya menerima pembagian buah-buahan yang telah mereka bawa dari rumah masing-masing sebelumnya, dan pembagian bumbu rujak yang dibawa oleh salah seorang alumni yang sangat menyayangi adik-adiknya ini.

Maknyuz! Itulah komentar mereka setelah satu demi satu irisan buah dan krupuk mampir di mulut mereka. Mantap, komentar berikutnya setelah semua ludes terlahap. Beberapa diantaranya tidak kuasa menahan linangan air mata, bukan lantaran terharu karena kebersamaan yang mereka ciptakan dengan cara sederhana, melainkan kepedasan, huh!

Setelah semua jemuran kering, mereka mengangkut kembali menuju markas besar, dengan kembali berjalan kaki. Tiada yang mengeluh dan tiada yang merasa kepayahan, karena semua dilakukan dengan ikhlas, serta pengamalan Dasa Dharma ke-6 khususnya.

Begitulah, sekelumit kisah anggota DIMUT AMARASANGGA dalam mengisi liburan, setelah 2 hari sebelumnya mengikuti Jambor Ranting di Singosari. Mereka bahagia, mereka gembira, semua itu dapat diperoleh dari hal-hal kecil dan sederhana, bukan dari kemewahan dan keglamouran. Kebersamaan menjadi arti penting dari perjalanan pasukan yang bangga dengan Padi – Semutnya ini.

Salam Pramuka!

5 comments on “Kesederhanaan yang Bermakna

  1. salam Pramuka….selamat yach teman – teman meskipun predikat 2 yang penting bukan juaranya tapi pengalaman bagi generasi penerus…Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1430 H,mohon maaf lahir dan bathin

  2. Semangattttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!

    moso g iso bangkit generasi penerus DIMUT AMARASANGGA?????

    contoh para pendahulu yg baig2 n yg benar…..

    bersama kita terluka….

    bersama kita bisa tertawa…..

    bersama kita bisa……

  3. salam pramuka….
    rupanya dah lama g ke smp dah banyak kegitan yang aq lewatkan y…….

  4. Salam Pramuka

    Hebat banget Kak, memang kegiatan kepramukaan di sini aktif banget ya. Kami juga akan coba mengikuti!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: