2 Comments

Mencetak Pionir Calon Pramuka Garuda 2009

IMG_0879

Terbayar sudah buah perjuangan adik-adik DIMUT AMARASANGGA yang saat ini duduk di bangku kelas XI SMP Negeri 1 Singosari dengan diraihnya penghargaan tertinggi tingkat Penggalang, yaitu Pramuka Garuda. Kelima orang yang mendapat penghargaan tersebut adalah Dana Fitra Himawan, M. Nuril Fikri, Neneng Kurnia D., Retno Puspitasari, dan Tiara Alif P.

Mereka tidak lain adalah anggota DIMUT AMARASANGGA yang sebentar lagi akan melepaskan jabatan dalam kepengurusan Dewan Kerja Galang Periode 2008/2009 GUDEP 26131-26132. Sejak pengumuman dari Kwarcab Kabupaten Malang pertengahan Agustus 2009 tentang diadakannya seleksi Pramuka Garuda pada Bulan Oktober , mereka dengan semangat menunjukkan antusiasme untuk mengikuti seleksi tersebut. Tidak banyak yang mereka persiapkan, karena pada dasarnya segala syarat telah mereka penuhi seperti telah menjadi Penggalang Terap, memiliki minimal 10 TKK wajib dengan 1 TKK Utama dan 1 TKK Madya serta syarat lainnya, hanya administrasi dan beberapa kelengkapan perlu diurus terlebih dahulu.

Sebenarnya jumlah anggota Pramuka yang dikatakan layak mengikuti Seleksi Pramuka Garuda dari Pangkalan yang terletak di Jl. Raya Singosari No. 1 ini  lebih dari lima orang, hanya terkendala beberapa hal sehingga tidak semua  dapat mengikuti acara langka ini. Ditahun yang akan datang, diharapkan peminatnya semakin meningkat.

Dini hari tanggal 18 Oktober 2009 sekitar pukul 00.00 – 02.30 WIB, bertepatan dengan dilaksanakannya Giat Prestasi Penggalang 2009, bersama 59 Pramuka Penggalang dari GUDEP-GUDEP se-Kwarcab Kabupaten Malang, mereka mengikuti prosesi Pelantikan menjadi Penggalang Garuda. Dalam upacara yang dilaksanakan dengan hikmat di halaman TK Muslimat Singosari (Depan Lapangan Tumapel Singosari), setelah pengucapan janji kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya, dilanjutkan dengan amanat dari Kepala Kwarcab Kabupaten Malang, yaitu Kak Suwandi. Dalam amanat  tersebut beliau berpesan bahwa menjadi Pramuka Garuda harus menjadi panutan bagi orang-orang di sekitarnya, mengetahui etika, tidak sombong, serta berperilaku santun, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya dapat terpenuhi.

Dengan dilantiknya anggota DIMUT AMARASANGGA menjadi Pramuka Garuda, diharapkan tidak hanya menjadi simbol semata. Lebih dari itu, Kamabigus, Kepala Gudep, Pembina, dan  WIRDHIKA berharap kelima orang tersebut menjadi pionir serta teladan bagi anggota Pramuka lainnya. Menjadi Pramuka Garuda berarti telah lulus ujian dalam menempuh tahapan menjadi Pramuka yang sesungguhnya, namun babak baru juga dimulai, apakah dengan diraihnya penghargaan itu menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik, berguna bagi banyak orang, atau justru menjadi titik balik kemunduran dalam berpramuka? Semoga saja pilihan terakhir berada jauh dari benak mereka.

Selamat kepada anggota Pramuka yang meraih Pramuka Garuda. Masih ada banyak hal yang menanti kalian. Tidak hanya puas sampai disini saja. Peran nyata kalian sangat diperlukan demi kemajuan Pramuka, organisasi yang sangat kita cintai dan banggakan. Sekali lagi selamat dan SALAM PRAMUKA!!! <mar>

2 comments on “Mencetak Pionir Calon Pramuka Garuda 2009

  1. Selamat pada adik-adik Penggalang Garuda, semoga kelak dapat melanjutkannya pada tingkatan Penegak dan Pandega. Sekali lagi selamat, dan teruslah bersemangat.

  2. wah setuju banget. seorang pramuka tu wajib n kudu jadi pioner bagi generasi muda saat ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: