4 Comments

Wajah Calon-Calon Pratama Selanjutnya

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya (lihat Pra Reorganisasi), bahwa bulan November ini adalah akhir masa jabatan DKG periode 2008/2009. Sehingga reorganisasi diperlukan demi berjalannya tongkat estafet kepengurusan dari generasi ke generasi. Karena hal tersebut menentukan sukses atau tidaknya sebuah organisasi dalam mempertahankan eksistensinya.

Dewan Kerja Galang terdiri dari sejumlah Penggalang yang mempunyai tugas dan kewajiban masing-masing sesuai dengan jabatannya. Jabatan-jabatan tersebut memiliki peran strategis dalam melaksanakan berbagai Program Kerja yang telah disusun sebagai rencana kegiatan Kepramukaan selama satu periode dalam sebuah Gugus Depan. Dalam susunan kepengurusan terdapat Pratama (Putra dan Putri), Wakil Pratama (Putra dan Putri), Sekretaris, Bendahara, Berbagai Sie (sesuai dengan kebutuhan); contohnya Sie Kegiatan, Sie Perlengkapan dan Sie Evaluasi. Pratama sebagai pemimpin DKG mempunyai peran yang sangat besar dalam menentukan arah organisasi (melalui visi dan misi), sehingga dalam menentukan siapa yang berhak menyandang jabatan tersebut tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

DIMUT AMARASANGGA melakukan berbagai tahapan dalam penjaringan calon-calon Pratama, mulai dari rapat antara Pembina, DKG dan WIRADHIKA untuk menentukan kandidat berdasarkan pengamatan terhadap anggota Pramuka kelas VIII yang aktif mengikuti kegiatan Pramuka sampai wawancara langsung terhadap orang-orang yang dianggap mampu mengemban jabatan tersebut untuk mengetahui sejauh mana kepribadian dan sikap para calon dengan sebenar-benarnya.

Tersebutlah Andaz, Bimo, Hatmi dan Wanda yang terpilih diantara sekian jumlah Calon DKG yang memenuhi kriteria sebagai Calon Pratama. Mereka diberi pengarahan mengenai tata cara kampanye dan debat, yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2009. Dilanjutkan dengan kampanye terbuka yang diadakan selama satu minggu. Data diri, foto beserta visi dan misi para calon akan dipajang di mading sehingga memudahkan publikasi. Diharapkan dengan adanya masa kampanye ini, anggota Pramuka yang lain dapat mengenal calon-calon pratama dengan lebih dekat, serta mengetahui kapabilitas calon pemimpin mereka, sehingga mereka dapat benar-benar yakin bahwa calon yang mereka pilih adalah yang terbaik. Setelah proses tersebut dilalui, maka pemilihan akan diadakan pada tanggal 5 Desember 2009 secara langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil. Yang berhak memilih yaitu seluruh anggota Pramuka DIMUT AMARASANGGA kelas VII, VIII dan IX, Pembina, Perwakilan guru (Kesiswaan), serta WIRADHIKA.

Nama     : Andaz Jihatullah Al Ramadan

TTL         : Malang 23 Februari 1996

Nama     : Bimo Prakoso

TTL         : Malang, 17 April 1996

Nama     : Hatmi Asminoto

TTL         : Surabaya, 30 Agustus 1996

Nama     : Wanda Choirulummah

TTL          : Malang, 27 Juni 1996

Semua tahapan yang direncanakan dalam pemilihan Pratama ini tidak lain sebagai pembelajaran nilai politik dan demokrasi sejak dini, karena Pramuka sebagai tunas bangsa haruslah mempersiapkan diri secara matang untuk menjadi bagian dari masyarakat kelak, salah satunya yaitu mempunyai hak dan kewajiban dalam hal berpolitik serta menjadi pengawal demokrasi kebangsaan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
Siapapun yang terpilih menjadi Pratama akan memikul sebuah tanggung jawab besar, tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak amanah yang telah dipercayakan tentunya dapat dijalankan dengan sebaik mungkin serta membawa manfaat bagi semua. Semoga. <mar>

4 comments on “Wajah Calon-Calon Pratama Selanjutnya

  1. bimo prakoso 2 ank mana…?

  2. qw ska ma clon.a
    kren2 cmuanya…?

  3. whahahahaha
    .chaaaa yoooooo
    .bwt pnerus mbak BUDUKZ dkk
    .hehehehe

  4. ooooo……
    ny tha calon2 pratama putra putri yang baru…………
    semangat rek….
    tunjukan klo dirimu memang pantes jadi pratama yang baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: