Leave a comment

Hari Penentuan Telah tiba

Tanggal 25 s.d 28 Mei 2011 merupakan hari yang mendebarkan bagi seluruh penghuni kelas 9 di seluruh SMP/MTs di seluruh pelosok Nusantara. Ujian Nasional atau UN sebagai salah aspek penentu kelulusan bagi siswa/i SMP akan dilaksanakan. Dengan 4 mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Permendiknas No. 45 Tahun 2010tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Tahun Pelajaran 2010/2011 serta Permendiknas No. 45 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah  dan Ujian Nasional pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Tahun Pelajaran 2010/2011.

Adapun kriteria kelulusan peserta didik serta pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional  pada SMP/MTs sebagai berikut:

A. Kriteria Kelulusan

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah :

a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

Kriteria penyelesaian seluruh program pembelajaran oleh peserta didik adalah memiliki rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 6 (enam)

b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
  2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
  3. kelompok mata pelajaran estetika, dan
  4. kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;

c. lulus US untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;

  1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M SMP/MTs  apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
  2. Nilai S/M diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 untuk SMP/MTs dan  MPLB dengan pembobotan 60% (enam puluh persen) untuk nilai US/M dan 40%  (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.

d. lulus UN.

  1. Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan NA.
  2. NA diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UN, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai UN.
  3. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA  mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan.

(Sumber : http://bsnp-indonesia.org)

Semoga Armada 9 diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal UN 2010/2011 ini. Dan bisa memberikan hasil yang terbaik demi kebanggan Orang tua dan sekolahannya. Seperti tahun-tahun sebelumnya Amarasangga tak pernah luput menempatkan anggotanya untuk duduk sebagai peraih 10 besar NUN  tertinggi di tingkat sekolah. Menjadi harapan besar bagi kami selaku pembina jika Adik-adik mampu meraih NUN terbaik se Kabupaten malang bahkan mungkin se-Jawa Timur tutur kak Arif. Sukses selalu untuk Armada 9, buktikan semboyan kita “Jago di Lapangan Berprestasi di kelas”. <mr>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: