Leave a comment

Buber, Saber, dan Upacara Peringatan HUT Gerakan Pramuka

Hajat Perdana Armada 8

Bisa dibilang “hajat” pertama Armada 8 hampir setiap tahunnya adalah menjadi panitia dalam acara rutin buka bersama ketika Bulan Ramadhan. Kenaikan kelas yang berlangsung pertengahan tahun, secara kebetulan mendekati Bulan Ramadhan, dimana setelah disibukkan dalam kegiatan MOS siswa baru dan Penerimaan Anggota Gudep yang berlangsung cukup meriah, menjadi sebuah kesempatan tersendiri bagi Armada 8 untuk memulai membuktikan kemandiriannya dengan sebuah tanggung jawab menjadi panitia kegiatan buka bersama.

Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatannya adalah bagi-bagi ta’jil gratis di tempat keramaian, kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan shalat berjama’ah. Namun tahun ini terasa spesial, karena buka bersama dapat dirangkai dengan  sahur bersama, dimana sekaligus disisipkan acara renungan menjelang HUT Gerakan Pramuka, karena kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13-14 Agustus 2011 bertempat di lingkungan SMP Negeri 1 Singosari.

Pra acara yang dilakukan Armada 8 adalah membentuk kepanitiaan, membagi tugas dan berdiskusi mengenai alokasi dana, menu yang disajikan, susunan acara, dan perkiraan jumlah peserta. Pada kesempatan ini terpilih Dirgan sebagai ketua pelaksana dan Fica sebagai wakilnya. Bersama Armada 8 lainnya, serta masukan dari Armada 9, Wiradhika, dan Pembina tentunya, segala persiapan dilakukan untuk mensukseskan acara. Setelah berdiskusi, akhirnya terpilihlah menu buka; nasi putih, sup, tempe, tahu, lele goreng beserta lalapan, sambal, dan es blewah agar-agar. Sedangkan untuk sahur yaitu; nasi putih, tempe tahu, dan telur bumbu bali, mie goreng, dan teh hangat. Menurut salah seorang Wiradhika, dari tahun ke tahun menunya memang relatif sama, tapi suasana keakrabanlah yang membuat banyak alumni selalu menyempatkan diri untuk bergabung.

Terlibat Langsung di “Dapur Umum”

Kesempatan pertama menangani acara bagi Armada 8 ini tak disia-siakan. H-1 acara, Armada 8 sibuk membeli bahan-bahan yang ditentukan. Terpilihlah rumah Fica,  Beby, Evi, dan Lili sebagai “dapur umum”, Armada 8 pun membagi kelompok untuk turun tangan langsung mengolah bahan baku menjadi menu siap saji, tentunya dengan bantuan dan pengawasan ibu yang sudah berpengalaman.

Hari Sabtu, tanggal 13 Agustus 2011, Armada 8 datang lebih awal. Sie Kegiatan bertugas mengkoordinasi kedatangan peserta, mengisi kegiatan sebelum berbuka dengan membaca Al-qur’an bersama di musholla, sedangkan yang lain mengatur meja dan kursi di salah satu ruang kelas yang akan digunakan sebagai ruangan buka bersama, serta mempersiapkan hidangan.

Buka Bersama, Ibadah, dan Nonton Film

Selamat Menikmati : Armada 8 berikut sajian buka bersama

Ketika adzan maghrib berkumandang, peserta buber mendapat ta’jil es blewah agar-agar, kemudian menunaikan ibadah shalat mahrib berjamaah. Selanjutnya secara bergantian, peserta mengambil hidangan sendiri-sendiri secara prasmanan. Memasuki waktu isya, peserta mengambil wudhu dan kembali ke musholla untuk shalat isya dan tarawih berjama’ah. Imamnya adalah Bapak Agus, Guru SBK SMP Negeri 1 Singosari.

Setelah menjalankan ibadah, Armada 7 dan Kak Hendra nonton bareng film Lima Elang. Sedangkan Armada 8 membersihkan tempat buber. Waktu luang ini juga dimanfaatkan Armada 9, Wiradhika, dan Pembina untuk berbincang santai.

Pengisian SKU dan Renungan Malam

Armada 7 dipersilahkan beristirahat setelah Film Lima Elang berakhir, sedangkan Armada 8 dan Armada 9 diberi kesempatan untuk mengisi SKU, bisa dipastikan poin dalam SKU yang berhubungan dengan memasak dan menghidangkan makanan bisa ditempuh oleh Armada 8.

Setelah pengisian SKU, diadakan acara renungan malam yang melibatkan Armada 8, Armada 9, Wiradhika, dan Pembina. Acara seperti ini sangat bagus untuk memantapkan diri dan membentuk mental sebagai aktivis Pramuka.

Sahur Bersama

Setelah memejamkan mata sebentar, Armada 8 segera  menyiapkan segala keperluan untuk sahur bersama. Ada yang bertugas menggoreng mie, menghangatkan makanan, menyeduh teh, mengatur meja dan piring. Bisa dibayangkan betapa hiruk pikuknya suasana pada pagi-pagi buta tersebut.

Setelah melaksanakan sahur bersama, kemudian beranjak ke musholla untuk menunaikan ibadah shalat shubuh berjama’ah.

Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-50

Logo : HUT Gerakan Pramuka ke-50

Acara terkahir dari rangkaian kegiatan pekan itu adalah Upacara Peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-50 yang dilaksanakan di lapangan basket. Walaupun bukan upacara besar, namun tetap terasa hikmat, dan mengingatkan kembali akan nilai-nilai yang terkandung dalam organisasi ini.

Demikian kegiatan Pramuka Dimut Amarasangga dalam memeriahkan Bulan Ramadhan dan bertepatan dengan Peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-50.

Satu Pramuka Satu Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: