5 Comments

Jejak Dimut Amarasangga pada Gita Galang 2012

Hari Minggu kedua di Bulan Januari, yaitu tanggal 8, sekitar pukul 04.30 satu persatu kami mulai berkumpul di sebuah ruangan kesiswaan dekat pintu gerbang SMP Negeri 1 Singosari. Kami harus mengalahkan rasa malas di pagi hari yang dingin itu untuk memenuhi kesepakatan jam berkumpul. Hari itu kami akan mengikuti Lomba Gita Galang yang diadakan oleh Gudep MAN 1 Malang.

Tampak Evi (depan), Agil, dan Sani Bersiap-Siap

Setelah sampai di SMP, kami mendapat beberapa macam aksesoris baru dari kakak-kakak Wiradhika. Salah satunya adalah setangan leher untuk Regu Padi yang dijahit sendiri oleh Kak Rini. Sekitar pukul 05.30 semua anggota Dimut Amarasangga yang akan mengikuti lomba tersebut sudah hadir. Beberapa Armada 9 dan Wiradhika yang sedianya akan mendampingi juga sudah datang. Kemudian kami baris per-regu secara berhadap-hadapan antara Regu Padi dan Regu Semut. Kami mendapat perintah dari kakak-kakak Wiradhika untuk duduk, dan mendapat bungkusan nasi dengan lauk ayam goreng. Sarapan itu disiapkan sendiri oleh Kak Rini.

Mengisi "bahan bakar" Sebelum Berjuang

Pukul 06.00, dua buah angkutan umum berwarna hijau muda memasuki halaman sekolah. Kami mengangkut peralatan yang telah disiapkan sehari sebelumnya ke dalam mobil dan kemudian berangkat.

Pukul 06.30 kami telah sampai di halaman MAN 1 Malang yang beralamat Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang. Baru beberapa regu saja yang hadir. Setelah daftar ulang, kami memasuki wilayah lomba. Kami memilih basecamp di depan ruangan kelas sebelah timur.

Sekitar pukul 07.00, dengan suasana mendung, apel pembukaan dimulai. Dari informasi yang disampaikan oleh pembina apel, Gita Galang tersebut diadakan dalam rangka memperingat hari jadi sekolah yang ke-33 tahun. Selain Gita Galang untuk Pramuka, pada hari itu diadakan pula lomba-lomba untuk bidang lain.

Setelah apel selesai, kami beristirahat sejenak. Sambil mempersiapkan diri mengikuti mata lomba, pinru Regu Padi dan Regu Semut berkumpul karena ada briefing dari panitia. Setelah kembali, pinru Regu Padi dan Regu Semut menyampaikan lokasi perlombaan. Pada pendaftaran yang dilakukan beberapa minggu sebelumnya, Regu Padi mendapat no. urut 16, sedangkan Regu Semut mendapat no. urut 25.

Setelah ada instruksi dari panitia, kami pun menuju area lomba. Mata lomba yang akan dilaksanakan adalah FBB dan disambung dengan Yel-Yel. Untuk putra berada di lapangan basket, sedangkan putri di lapangan sebelah utara. Satu-persatu setiap regu tampil. Sampai pada gilirannya Regu Padi menunjukkan performa yang telah dilatih selama liburan semester ganjil saat itu.

Setelah melakukan tugas FBB dan Yel-Yel, enam orang anggota Regu Padi yaitu Beby, Yani, Hanis, Rara, Ririn, dan Rizki menuju lantai dua untuk mengikuti mata lomba Senam Pramuka, sedangkan Lily, Evi, Sani, dan Azizah bersama Wiradhika turut memberi dukungan kepada Regu Semut.

Tak berapa lama, giliran Regu Semut unjuk aksi. Momen yang ditunggu adalah saat atraksi tower manusia dengan formasi 3-2-1 yang sukses ditunjukkan mereka, membuat suasana semarak.  Kemudian, Agil, Ardi, Alfan, Dana, Kukuh, dan Irzam menuju lokasi lomba Senam Pramuka.

Alfan (belakang) dan Ardi Berada di Puncak

Setelah menyelesaikan tiga mata lomba tersebut, kami beristirahat. Kami bersama-sama menuju masjid yang berada di lantai satu, untuk melaksanakan ibadah shalat dhuhur berjama’ah. Selanjutnya kami menyantap bekal yang kami bawa dari rumah.

Sekitar pukul 13.00 kegiatan selanjutnya dimulai. Giliran Lily dan Yunan yang mendapat bagian dalam mata lomba Tes Tulis. Aziza, Evi, dan Sany (Regu Padi), serta Aris, Dirgan, dan Yahya (Regu Semut) menuju lapangan tempat diselenggarakannya Pioneering. Sedangkan anggota yang lain mendukung dari pinggir lapangan. Dalam waktu satu jam, para peserta mengerahkan segenap kemampuan mereka dalam bidang rancang bangun jembatan.

Evi, Sani, dan Aziza dalam Rancang Bangun Jembatan

Semua mata lomba selesai dilaksanakan mejelang Ashar. Setelah berisitirahat sebentar, kami menuju masjid untuk shalat berjamaah. Setelah selesai shalat, kami berbaris untuk apel penutupan dalam suasana gerimis.

Saat yang paling mendebarkan pun datang, yaitu pengumuman juara. Dari hasil yang diumumkan, Regu Semut mendapatkan Juara I pada mata lomba FBB, Yel-Yel, Senam Pramuka, dan Tes Tulis, dan Juara III pada Pioneering. Sedangkan Regu Padi memperoleh juara III pada Senam Pramuka. Walau tidak mendapatkan Juara Umum, namun hasil tersebut tidak mengurangi rasa syukur kami.

Wiradhika, Nostalgia Mengenang Masa Penggalang

Kami menyempatkan diri memberi selamat kepada pangkalan yang mendapat juara umum, selanjutnya dengan berbaris kami meninggalkan lokasi perlombaan, diiringi para pendamping kami yang tak lain adalah Kak Rini dan Wiradhika. Dengan menaiki mobil yang sama, kami menuju SMP.

Menjelang Maghrib, kami sampai di Bhumi Amarasangga. Setelah briefing, kami menuju Musholla di area sekolah untuk melaksanakan ibadah shalat Maghrib berjama’ah. Kemudian kami bersantai sejenak, rupanya Kak Rini telah memanggil tukang bakso beserta gerobaknya. Dengan teratur kami mengambil mangkuk yang telah diatur oleh penjual bakso tersebut, menuju ruang kelas, dan menyantap bakso bersama. Sungguh hal yang menyenangkan.

Pukul 19.00 kami meninggalkan SMP dengan perut kenyang, dan sesungging senyum bahwa hari itu kami telah menunjukkan usaha kami, jerih payah kami yang telah mengorbankan liburan semester untuk berlatih. Kami yakin bahwa apa yang kami korbankan tidak akan sia-sia. Semoga pada kesempatan berikutnya, prestasi kami dapat meningkat. (mar)

All Crew Dimut Amarasanga on Gita Galang 2012

5 comments on “Jejak Dimut Amarasangga pada Gita Galang 2012

  1. Mantaaaap!🙂
    Persiapan mendadak, tak ada waktu libur. Latihan intensif cuma 9hari.
    Selamat untuk Regu Semut, dan jangan kalah untuk Regu Padi. Pacu semangat untuk raih prestasi lebih tinggi.

  2. Tetap semangat. Insya Allah kita bisa lebih baik nantinya.
    Ciao!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: