3 Comments

Wiradhika, Pendukung di Balik Layar

Usia Gerakan Pramuka Gudep 26131-26132 Pangkalan SMP Negeri 1 Singosari tidaklah sedikit. Puluhan tahun berdiri telah memiliki begitu banyak alumni. Walaupun belum resmi, nama Wiradhika (widhi wirayatana mahardhika, artinya kumpulan orang yang berjasa) yang merupakan prakarsa dari lulusan 1997 telah dipilih untuk menjadi identitas alumni anggota Regu Padi dan Regu Semut tersebut.

Wiradhika Antar Angkatan di Lobak Galang 2012

Setelah mendapat undangan dari Pramuka Paskhas Bara SMP Negeri 66 Jakarta untuk mengikuti Lobak Galang, para Armada sepakat untuk mengikutinya. Pembina dan beberapa Wiradhika yang aktif di almamater berembug tentang salah satu hal klasik dalam setiap keikutsertaan lomba. Biaya. Terbersitlah ide untuk menjadikan Wiradhika sebagai donatur.

dari Kiri : Kak Virgita (2002), Kak Catur Ratna (1999), dan Kak Marlitha (2005)

Selama ini, selain sokongan dari pihak sekolah, wali murid pun dilibatkan dalam setiap kegiatan. Namun untuk lomba yang satu ini, biaya yang dibutuhkan berlipat beberapa kali, alasannya jarak tempuh yang cukup jauh, yaitu Jakarta, yang tentunya transportasi menjadi kebutuhan utama, serta akomodasi selama berada di tempat lomba.

Dibuatlah semacam proposal yang disebarkan melalui grup AmarasanggA Community di Facebook, email, juga hubungan melalui telpon dan sms. Langkah ini sebagai salah satu gerakan partisipatif Wiradhika dalam upaya mendukung almamaternya. Beberapa minggu sebelum pelaksanaan lomba, alumni yang tersebar di berbagai kota telah mentransfer donasi mereka.

We Will Stay Behind You

Selama ini, selain pembina yang terlibat dalam kegiatan kepramukaan di Pangkalan, beberapa Wiradhika pun turut serta turun ke lapangan, membantu Armada dalam berlatih skill kepramukaan. Bahkan ada yang menyempatkan diri sepulang sekolah (SMA) / kuliah langsung menuju Lapangan Basket SMP Negeri 1 Singosari untuk memantau latihan, salah seorang diantaranya juga tetap konsisten membimbing Armada, walaupun telah meyandang status dokter dan berdinas di kota lain.

Dukungan yang luar biasa dari Wiradhika akan menjadi penyemangat tersendiri bagi Armada. Bagaimana tidak, mereka didukung oleh alumni yang bisa dibilang sukses. Bahkan ada Wiradhika yang belum pernah bertatap langsung dengan Armada sekarang, karena domisilinya berada di luar kota atau luar pulau, namun tak menyurutkan bentuk dukungan tersebut. Walaupun dibalik layar, tetap saja dukungan itu sangat berarti.

Bersama Kak Hamsah Fansuri (kiri), Wiradhika Lulusan 2000

Sejauh apapun Wiradhika menempuh jalan hidupnya, jiwa Pramuka tetap bersemayam, dan Dimut Amarasangga telah menjadi bagiannya. (mar)

Kak Bayu dan Kak Erla (Wiradhika lulusan 2008) Kebagian Order Tiket Matarmaja

Download Daftar Donatur Lobak Galang 2012

3 comments on “Wiradhika, Pendukung di Balik Layar

  1. Kak, mohon ralat, singkatannya salah tuh. Wiradhika = widhi wirayatana mahardhika artinya kumpulan orang yang berjasa. Mohon segera dikoreksi ya🙂

    Foto2 sama Mas Hamzah, Mbak Catur, Bayu sama Erla ga ada ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: