1 Comment

Messenger of Peace Sebagai Gerakan Perubahan

Apa itu Messenger of Peace?

Di seluruh dunia, kepanduan (di Indonesia dikenal dengan Gerakan Pramuka) memiliki program-program kemanusiaan. Mereka menyelesaikan konflik-konflik di sekolah dengan mencegah penindasan (bullying), memantau program-program pendidikan, menolong orang miskin dan kelaparan, membuat solusi-solusi untuk masalah pemerintah, dan melaksanakan proyek pelayanan lainnya. Messenger of Peace  melaksanakan semua itu.

Logo Messengers of Peace

Setiap pandu (Pramuka) yang melaksanakan proyek pelayanan seperti contoh di atas disebut Messenger of Peace (pembawa pesan perdamaian). Bersama, kita dapat menciptakan jaringan Messenger of Peace  di seluruh dunia.

Semua dapat mengambil bagian sebagai Messenger of Peace yaitu dengan menjalankan proyek yang dapat membantu komunitas kita. Apakah kita melihat sebuah masalah dalam lingkungan kita? Dapatkah kita melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah tersebut? Jika ya, kita dapat menjadi seorang Messenger of Peace juga. Jadi tunggu apa lagi?

Messenger of Peace memiliki dua elemen : pertama adalah Jaringan Global Messenger of Peace (The Messenger of Peace Global Network) dan Dukungan Dana Messenger of Peace (Messenger of Peace Support Fund)

Pada Jaringan Global Messenger of Peace adalah alat untuk menghubungkan para Pramuka. Dengan menggunakan media sosial, jaringan tersebut memperkenankan Pramuka untuk menunjukan proyek pelayanan mereka dan bertemu secara online untuk membagikan ide-ide mereka, menceritakan cerita-cerita mereka dan bekerja bersama untuk membangun kedamaian di dalam komunitas-komunitas. Melalui akses yang lebih besar untuk ide-ide, pelatihan, dan dukungan, jaringan ini akan dikuatkan oleh seluruh Pramuka

Jaringan ini terinspirasi oleh World Scout Commitee (WSC) dan diatur oleh World Scout Bureau  (WSB). Jaringan ini dikendalikan oleh sukarelawan remaja sedunia dan dapat dilakukan oleh semua Pramuka yang melaksanakan proyek perdamaian.

Messenger of Peace Support Fund akan menyediakan dukungan keuangan untuk proyek-proyek pelayanan dan inisiatif Pramuka seluruh dunia. Badan ini memungkinkan Pramuka yang berada di negara miskin untuk melaksanakan proyek penting yang dapat merubah berbagai komunitas.

Badan dana ini memiliki lima kategori pekerjaan: (1) pelatihan dengan berdialog; (2) dukungan untuk proyek perdamaian yang spesifik; (3) dukungan untuk masyarakat muda yang tinggal dalam area konflik; (4) penguatan kemampuan; (5) memasyarakatkan Messenger of Peace Global Network.

Siap Membuat Perbedaan?

Langkah pertama :
Berpikir tentang komunitas lokal di sekitar kita. Apa yang mengganggu keseimbangan kehidupan –apakah ada masalah pemerintah, atau ketidakpercayaan di antara kelompok-kelompok yang berbeda, atau keadaan darurat pada kesehatan, atau penindasan di sekolah, atau adakah kelompok masyarakat yang terkucilkan atau marjinal– semua kemungkinan seperti di atas dapat saja kita temui.

Langkah kedua :
Putuskan apa yang kita lakukan untuk dapat menolong. Kegiatan ini boleh menjadi bagian program normal kegiatan kepramukaan atau sebagai bagian program pelayanan  komunitas Pramuka.

Langkah ketiga :
Daftar pada halaman website resmi Messenger of Peace untuk menyatakan tujuan dalam merubah dunia! Rencana tersebut akan ditempatkan pada sebuah peta, sehingga setiap orang dapat melihat dimana kita berada dan apa rencana yang akan kita lakukan.

Langkah keempat :
Menjaga komitmen dan semua teman Pramuka yang dapat memabantu kita untuk melakukannya. Ajaklah mereka untuk mendaftar dan menyebarkannya melalalui Facebook.

Sumber : www.scoutmessengers.com

One comment on “Messenger of Peace Sebagai Gerakan Perubahan

  1. kan katanya messenger of peace bisa saling share kegiatan berbagi apa yg telah kita lakukan, saya sudah menjadi messenger of peace, tapi bagaimana cara untuk ngeshare itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: