Leave a comment

Oryza sp. dan Formica sp. dalam Gelaran LT I 2011 di Bhumi Amarasangga

26 – 27 Desember 2011, Pramuka DIMUT Amarasangga Pangkalan SMP Negeri 1 Singosari menyelenggarakan LT I. Acara rutin tersebut pelaksanaannya dipilih pada libur sekolah usai pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Selain sebagai acara evaluasi dalam berlatih Pramuka, bisa dibilang LT I ini sebagai kegiatan liburan yang murah meriah, karena berlangsung di halaman sekolah serta menggunakan fasilitas yang telah tersedia di sekolah.

Logo LT I Pramuka Pangkalan SMP Negeri 1 Singosari

Lomba Tingkat, merupakan salah satu kegiatan Pramuka Penggalang yang diatur pada Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 033/KN/78 Tahun 1978 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang. Lomba Tingkat adalah Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Tujuannya adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang.

Layaknya LT pada tingkat yang lebih lanjut, beberapa minggu sebelum pelaksanaan, panitia yang terdiri dari Wiradhika dan Armada 9 membuat Petunjuk Pelaksanaan LT I yang dapat didownload pada blog ini. Peserta LT I merupakan Armada 7 dan Armada 8. Berdasarkan hasil pertimbangan jumlah peserta, sehingga satu regu terdir dari 5-6 Pramuka Penggalang.

Peserta harus memenuhi persyaratan administrasi pendaftaraan. Hingga hari terakhir pendaftaraan, diperoleh jumlah peserta sebanyak 4 regu putri dan 3 regu putra. Penamaan regu juga terbilang unik, karena menggunakan nama latin yang masih satu spesies dengan Padi (Oryza sativa) dan Semut (Formica ruva), sehingga nama untuk regu putri adalah Oryza glutinosa, Oryza latifolia, Oryza minuta, dan Oryza Nivara. Sedangkan untuk nama regu putra adalah Formica argentea, Formica fusca, dan  Formica lepida.

Peserta berkumpul pada pukul 07.00 di Lapangan Basket SMP Negeri 1 Singosari. Selanjutnya peserta melakukan daftar ulang. Pukul 08.00 – 08.30 dilaksanakan persiapan dan apel pembukaan di Lapangan Basket, bertindak sebagai Pembina Apel adalah Kak dr. Hendarto Arif Budiman. Kemudian peserta mendirikan tenda di lapangan belakang sekolah sampai pukul 11.00 WIB.

Panitia yang Terdiri dari Armada 9 dan Wiradhika

Setelah melaksanakan Ishoma, pukul 12.30-13.30 merupakan Giat I yaitu pelaksanaan mata lomba sandi, morse, dan semaphore. Kemudian langsung dilanjutkan dengan Giat II, yaitu pelaksanaan LBB dan Dinamika Regu dengan lokasi yang sama, yaitu Lapangan Basket. Setiap regu menampilkan kekompakan dan kreativitas dalam mata lomba yang menarik animo penonton ini.

Armada 9 Mengirimkan Pesan dalam Mata Lomba Semaphore

Pukul 15.15 memasuki Giat III, yaitu pelaksanaan mata lomba Pioneering dan penyisihan LCC (Lomba Cerdas Cermat). Pioneering yang sedianya dilaksanakan di Lapangan Basket, harus berpindah di sepanjang koridor Ruang Guru, Ruang TU, dan Ruang Kelas, karena kondisi hujan. Jeda sekitar 10 menit untuk pelaksanaan ibadah Shalat Ashar. Kemudian berlanjut dengan Giat IV, yaitu pelaksanaan mata lomba Presentasi Mading, Presentasi TTG (Teknologi Tepat Guna), dan Presentasi Maket Bumi Perkemahan.

Salah Satu Peserta Unjuk Kebolehan dalam Mata Lomba Seni Budaya

Pukul 17.45-18.30 merupakan jadwal Ishoma. Peserta dan panitia melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah di mushollah, selanjutnya makan malam bersama. Setelah itu, memasuki Giat V, yaitu pelaksanaan mata lomba Final LCC dan Pidato Bahasa Inggris. Untuk Pidato Bahasa Inggris dilaksanakan di Ruang Multimedia, di hadapan penonton, peserta harus menampilkan pidato yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian Giat VI, merupakan acara yang ditunggu, karena mata lombanya adalah Seni Budaya. Jurinya adalah Pak Agus, selaku Guru Kesenian. Sekitar pukul 20.30 adalah acara nonton bareng, film yang diputar berjudul Up! Lumayan sebagai hiburan, di tengah padatnya kegiatan LT I. Sekitar pukul 22.30 peserta beristirahat, dengan terlebih dahulu melaksanakan ibadah Shalat Isya.

Sebelum Nonton Pentas Seni, Senam Pramuka Dulu

Selasa, 27 Desember 2011, pukul 04.00, peserta bangung dan melaksanakan ibadah Shalat Shubuh berjama’ah. Pukul 05.00, peserta melakaukan senam pagi, selanjutnya sarapan bersama di Lapangan Basket. Pukul 06.00, peserta membersihkan diri, dan persiapan untuk kegiatan selanjutnya.

Sarapan Setelah Olah Raga Pagi

Pukul 07.00, peserta melaksanakan Giat VI, yaitu PPGD yang dilaksanakan di Lapangan Basket, sedangkan Halang Rintang, Menaksir, dan Peta Pita dilakukan dalam rute perjalanan lintas medan sekitar Desa Candirenggo Singosari.

Salah Satu Pos Lintas Medan, Mata Lomba Menaksir Ketinggian

Sekitar Pukul 10.00 semua mata lomba telah dilaksanakan. Ketika panitia menghitung skor, peserta membersihkan tempat yang digunakan untuk kegiatan. Sekitar pukul 10.30 apel penutupan dilaksanakan, Kak Hendra menjadi pembina apel. Dengan pertimbangan jumlah peserta pula, maka pemenang tidak dibedakan antara putra dan putri, dan berbeda dengan LT pada umumnya. Sehingga diperoleh hasil Juara I adalah Regu Formica fusca, Juara II adalah Regu Formica lepida, dan Juara III adalah Regu Oryza latifolia. Pemenang mendapat hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

Tak cukup sampai disitu, acara dilanjutkan dengan Pelantikan TKU untuk Armada 9. Sekitar belasan Armada 9 mengikuti Kak Hendra mengucapkan Tri Satya. Acara ditutup dengan “siraman” untuk Armada 9 yang baru dilantik, secara bergantian Pembina dan Wiradhika menyiramkan air yang berisi dedaunan. Ini merupakan ritual rutin, setelah pelantikan.

Sempai jumpa pada LT I mendatang…

Salam Pramuka! (mar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: