Leave a comment

Aroma Persaingan di LT1 2013

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sabtu, 9 februari 2013 pukul 12.00 puluhan remaja berseragam pramuka lengkap dengan tongkat dan barang bawaan yang tertenteng di tangan kanan kiri berkumpul di Bhumi Amarasangga. Ternyata hari itu adalah hari pertama kegiatan yang dihelat oleh pembina dan wiradhika sebagai ajang evaluasi dan melatih kedisiplinan diantara anggota pramuka SMPN 1 Singosari. Lomba Tingkat 1 regu Penggalang Pramuka SMPN 1 Singosari atau yang biasa kita sebut LT1 berlangsung selama 2 hari dengan 17 mata lomba yang diujikan.

Setelah melakukan registrasi, setiap regu disediakan 1 tenda oleh panitia dan mereka dipersilahkan membangun tenda sesuai nomor kavling yang diberikan saat daftar ulang lomba yang sekaligus merupakan penilaian mata lomba Administrasi Regu. Diluar dugaan rintik hujan mulai membasahi lapangan belakang sekolah, panitia pun mulai kebingungan menyiapkan ruangan cadangan. Namun syukur Alhamdulillah hujan tidak berlangsung lama, pukul 14.00 upacara pembukaan dapat berjalan lancar seiring tenda peserta berdiri tegak di bumi perkemahan dengan dibuka oleh Kak Arif sebagai pembina upacara.

Waktu menunjukkan pukul 15.00, Giat I dengan mata lomba sandi, Morse, Semaphore, Babak penyisihan LCC, memasak segera dilangsungkan. Meskipun ada beberapa regu yang melakukan kesalahan dengan tidak membawa perlengkapan lomba memasak, namun lomba tetap bisa berjalan dengan baik dan permasalahan pun teratasi.

Tongkat-tongkat sudah berjajar rapi di lapangan basket di dalam petak-petak yang sudah disiapkan oleh panitia. Pukul 16.15 peluit panjang ditiup, menandakan mata lomba pionering dimulai. Kali ini kreativitas,kebenaran ikatan, dan kekuatan ikatan hasil tali-temali peserta diuji. Bermacam bentuk hasil karya pionering Regu-regu Formica dan Oryza cukup membuat panitia berdecak kagum dengan kreativitas peserta.

Setelah melangsungkan sholat maghrib, sholat isya’ dan makan malam. Para pinru dikumpulkan di depan tenda panitia, panitia mengintruksikan untuk menyiapkan kegiatan berikutnya yaitu babak semifinal dan final LCC,  speech contest, serta kegiatan penutup hari pertama LT1 yaitu pentas seni.

Berlangsung cukup seru ketika babak semifinal LCC dengan dibacakannya soal demi soal dari panitia lomba, curi-mencuri nilai membuat persaingan lomba makin sengit. Setelah terpilih 2 tim LCC dengan nilai tertinggi dari babak semifinal, maka mereka berhak melaju ke babak final. Puluhan soal dilempar ke masing-masing tim dan akhirnya keluar sebagai juara LCC dari Regu Formica argentea.

Mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 21.00, para juri mata lomba pentas seni pun sudah memasuki area. Kak Sabreima (Wiradhika angkatan 1999), Kak Nurmala Gultom (Wiradhika angkatan 2007) dan Bpk Agus Sumarsono (Guru Kesenian SMPN 1 Singosari) sudah duduk di kursi juri sambil menuikmati dan menilai setiap penampilan para peserta.

Menutup kegiatan dengan Apel Malam yang dipimpin oleh Kak Rodian (Wiradhika angkatan 2012) yang sekaligus menjadi Ketua Panitia LT1 2013 ini. Hasil perolehan sementara peraih Regu Berprestasi Tinggi, baik dan Cukup dibacakan di penutupan Apel.

Kembali ke tenda regu dan beristirahat untuk menyiapkan kegiatan di esok hari adalah agenda berikutnya setelah Apel Malam berakhir.

Fajar menyingsing dan saatnya para pemimpin regu menyiapkan anggotanya untuk berbenah diri, senam pagi dan sarapan pagi.

Berbaris rapi di lapangan tengah, tiap regu khidmat mengikuti berlangsungnya Apel Pagi untuk mengawali Giat IV di hari Minggu, 10 Oktober 2013.

Berbentuk lintas medan, Giat IV ini peserta dinilai kemampuannya dalam hal PPGD (Penanggulangan Petama gawat Darurat), Halang rintang, Menaksir serta Peta pita. Setelah regu menyelesaikan tugasnya menjelajahi alam dan soal-soal dimasing pos peserta kembali ke Buper LT1 dan diberikan waktu untuk melepas lelah.

Kegiatan yang ditunggu oleh panitia dan tamu lomba segera dimulai, mata lomba PBB dan Dinamika

Regu (Yel-yel) berlangsung seru dan meriah. Sontakan dan seruan dari masing-masing regu menjadi penyemangat regu lain untuk memberi semangat kepada regu yang sedang tampil.

Upacara penutupan menjadi titik kulminasi dari persami antar regu ini,dan menandai berakhirnya Lomba Tingkat 1 Regu Penggalang tahun ini.

Eitss..ada satu  yang terlupakan, pengumuman peraih nilai tertinggi dari akumulasi skor tiap mata lomba selama dua hari. Setelah dilakukan rekapitulasi nilai oleh panitia ditetapkan Regu Berprestasi Tinggi Putra diraih oleh….

REGU Formica execta dengan anggota:

Pinru                : Alfan Izza W (8A)

Anggota          : Rizky A. Ramadhandy (7H)

Gandhi Surya B. (7A)

Wahyu A. (7I)

Ferian Surya B. (8A)

M.Akbar maulana (8D)

formica execta

Sedangkan peraih nilai tertinggi di ajang LT1 dan berhak mendapatkan gelar Regu berprestasi Tinggi Putri LT1 2013 yaitu:……

REGU Oryza latifolia yang beranggotakan:

Pinru                : Hanistya Mustika P. (8H)

Anggota          : Alya Jauza C. (7C)

Antika Achyiarini (8E)

Widya Kartika (8A)

Fitri ratnasari (8A)

Setyari Hanna U. (7C)

oryza latifolia

Selamat kepada pemenang! Usaha kalian terbalas dengan hasil yang membanggakan. Untuk regu yang belum menjadi juara, jangan berkecil hati. Kesempatan untuk menjadi juara di ajang yang lain masih terbuka lebar, tetap semangat untuk berlatih. Karena kegagalan hanya sebuah kesuksesan yang tertunda.

Sampai jumpa di LT1 tahun depan, sayonara!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: