5 Comments

Satu Lagi, Ketum OSIS Jebolan Ekskul Pramuka

Tiga Calon dari DIMUT Amarasangga

Bulan Desember 2011 kemarin, OSIS SMP Negeri 1 Singosari punya acara tahunan. Pemilihan Ketua Umum OSIS dilangsungkan untuk menentukan siapa yang berhak memegang tongkat estafet kepemimpinan organisasi kesiswaan ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, muncullah beberapa nama yang dicalonkan sebagai Ketua Umum OSIS, biasanya calon-calon ini merupakan pengurus OSIS periode sebelumnya yang dianggap berkompeten untuk mengikuti pencalonan, namun ada juga yang berasal dari siswa kelas VII.

Pada pencalonan kali ini, dari tujuh orang Calon Ketua Umum OSIS, tersebutlah beberapa nama yang kebetulan menjadi anggota DIMUT Amarasangga, yaitu Evi Nidia Purnamasari, Liliany Angela Aprilia, dan Rizki Yahya. Proses berikutnya adalah dengan kampanye. Teknisnya yaitu dengan menyampaikan visi dan misi di hadapan seluruh siswa, tempatnya di mimbar sebelah lapangan basket, yang selama ini digunakan sebagai mimbar pembina upacara bendera setiap hari senin. Rupanya pencalonan ketiga aktivis Pramuka ini didukung oleh rekan-rekan DIMUT Amarasangga. Baik Armada 7, Armada 8, dan Armada 9 mempromosikan calon dari ekskul Pramuka ini.

Selanjutnya, pemilihan umum yang dilakukan oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Singosari. Perolehan suara tertinggi diraih oleh Rizki Yahya, namun sistem pengangkatan Ketua Umum tidak ditentukan oleh pemilu saja. Para calon juga harus menunjukkan performanya dalam acara debat, selain itu ada semacam rapat antara panitia pemilihan dan Guru Kesiswaan, dengan menimbang berbagai macam hal, akhirnya jabatan Ketua Umum OSIS diberikan kepada Evi Nidia P., sedangkan Rizki Yahya mejabat sebagai Ketua I, dan Liliany Angela menjadi Ketua Sie Berkepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara.

Mengenal Lebih Dekat Ketua Umum OSIS

Evi Nidia (tengah), Satu dari Sekian Ketua Umum OSIS Jebolan Pramuka

Dalam kampanyenya, salah satu Armada 8 kelahiran Malang, 8 Mei 1997 ini, mempunyai Visi menegakkan 3 T, yaitu tidak takut kegagalan, tidak takut untuk mencoba, dan tidak memvonis diri “tidak bisa”. Walau dalam pemilu Evi kalah suara dengan rivalnya sesama anggota DIMUT Amarasangga, Yahya, tapi dalam hasil musyawarah yang dilangsungkan Evi mendapat kepercayaan untuk menjadi Ketua Umum OSIS periode 2011-2012.

Sulung dari dua bersaudara ini mengaku bahwa dalam pencalonannya dalam Pemilihan Ketua Umum OSIS ini didukung oleh Keluarga, Guru, Pembina Pramuka, rekan-rekan anggota DIMUT Amarasangga, dan Wiradhika. Dengan pengalaman dalam organisasi Pramuka selama ini, penyuka warna putih ini mengaku optimis dapat menjalankan tugas yang dibebankan kedepannya.  Menurutnya jiwa kepemimpinan dan bimbingan mental yang selama ini didapatkan di Pamuka akan menjadi bekal siswi yang doyan makan bakso tersebut.

Ketika disinggung mengenai bagaimana mengatur waktu mengenai dua organisasi yang dijalankan secara bersamaan, dara yang beralamat di Jl. PB. Sudirman No. 1 Karangploso Malang ini mengaku bahwa dirinya akan tetap aktif di Pramuka, disamping tanggung jawabnya yang besari di OSIS.

Ketua I yang Jago Pioneering

Sedangkan rival Evi, yaitu Yahya, tak merasa kecewa ketika tidak terpilih menjadi Ketua Umum, karena jabatannya sebagai Ketua I OSIS juga menuntut tanggung jawab yang besar, toh Ketua Umum tidak bisa bekerja sendiri, sehingga Ketua I beserta pengurus yang lain siap mendukung Ketua Umum dalam menjalankan Program Kerjanya.

Rizky Yahya, Ketua I OSIS

Menurut Yahya, pengalaman di Pramuka selama ini akan diterapkan dalam OSIS, salah satunya yaitu skill PBB yang dapat membentuk karakter siswa yang disiplin. Sedangkan sistem administrasi yang baik di OSIS, akan diterapkan pada Dewan Galang-nya di Pramuka, ujar Yahya setelah mengikuti Mata Lomba Pioneering di Lobak Galang MAN 1 Malang, Minggu, 8 Januari 2011 lalu.

Dukungan Pembina Pramuka dan Wiradhika

Menurut Kak Dra. Trimurti Sisworini selaku Ka Gudep dan Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Singosari, kepercayaan yang diberikan kepada adik-adik didiknya ini merupakan hal yang bagus, beliau berharap agar  mereka dapat konsekuen dengan apa yang dilakukan dan harus dapat membuktikan kemampuannya.

Perwakilan Wiradhika, yaitu Kak dr. Hendarto Budiman berharap agar adik-adik dapat menjaga amanah, baik jabatannya di OSIS maupun dalam Dewan Galang. Selain itu kepandaian adik-adik dalam menentukan skala prioritas dan manajemen waktu juga turut menjadi andil dalam kesuksesan mereka dalam berorganisasi, selain itu waktu belajar yang semakin sedikit juga harus diantisipasi agar mereka tetap berprestasi dalam akademik.

Nama-Nama Ketum OSIS dari Pramuka

Berdasarkan penelusuran sejarah, sebelumnya, terdapat beberapa nama Ketua Umum OSIS yang berasal dari ekskul Pramuka, diantaranya

  • Tri Rahmat Basuki (lulusan 1995)
  • Yunus Suyuti (lulusan 1996)
  •  Riski Sindu Wibowo (lulusan 1997)
  •  Eko Adi Nugroho (lulusan 1998)
  • Catur Ratna Wulandari (lulusan 1999)
  • Tutuko Ninar Novianto (lulusan 2000)
  • Sukirno (lulusan 2003)
  • Galung Isya’ Nukasvianta Dewa (lulusan 2005)
  • Adhya Aji Pratama (lulusan 2007)
  • Putri Mei (lulusan 2009)

Hal ini membuktikan bahwa apa yang telah didapatkan di Pramuka ternyata menjadi nilai plus dari para calon, yang membuat kepercayaan rekan-rekan dan guru-guru jatuh pada anggota DIMUT tersebut. (mar)

5 comments on “Satu Lagi, Ketum OSIS Jebolan Ekskul Pramuka

  1. Siiiip….
    Kalian harus bisa menjaga amanah teman, guru, dan Pembina. Jadilah pemimpin yang Darma Sulaksana, membaktikan seluruh jiwa raganya untuk anggota nya dan menjalankan semua tugas dan tanggung jawab sebagai ketua dengan penuh rasa tanggung jawab.
    Tunjukkan bahwa Pramuka mampu membentuk karakter siswa yang baik.

  2. Awesome !!!!

  3. kalo ga salah ada Tutuko Ninar Novianto deh yg ketum Osis dr pramuka juga….

  4. Tutuko Ninar Ketua Umum OSIS di bawahku setahun, jadi tahun 2000 ya🙂

    Selamat untuk Ketua OSIS yang baru… Mengabdi satu tahun, pelajaran sepanjang hidup🙂
    Semangat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: